Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang   Click to listen highlighted text! Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang Powered By GSpeech

TVMC Kab. Tangerang  

   

Pelayanan Informasi Publik  

   

Tigaraksa - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang pada Senin (06/01/2020) mendapat kunjungan pada awal tahun dari HIMATA BTR (Himpunan Mahasiswa Tangerang Banten Raya) Komisariat Untirta Serang-Banten. Kunjungan ini diterima langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Tangerang beserta jajaran Sekretariat KPU Kabupaten Tangerang.
 
Dalam kesempatan kali ini, peserta diberi waktu untuk melihat berkeliling Gedung KPU Kabupaten Tangerang dan Rumah Pintar Pemilu yang ada di lingkungan KPU Kabupaten Tangerang
 
Demi meningkatkan kualitas demokrasi, KPU Kabupaten Tangerang mengembangkan berdirinya Rumah Pintar Pemilu dengan memanfaatkan ruangan yang ada di gedung KPU Kabupaten Tangerang. Nantinya, sarana Rumah Pintar Pemilu ini akan memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran, dan inspirasi tentang pentingnya pemilu dan demokrasi.
 
Ketua KPU Kabupaten Tangerang, M. Ali Zaenal Abidin, menjelaskan jika Rumah Pintar Pemilu ini dibangun untuk memberikan pendidikan pemilih, melalui pemanfaatan ruangan untuk melakukan aktivitas pendidikan pemilih. Dia yakin, pendidikan pemilih akan memperkuat demokrasi dan pemilu yang berkualitas, meningkatkan kualitas partisipasi pemilih, membantu penyelenggara pemilu, melaksanakan pemilu dengan baik, dan memperkuat sistem demokrasi. Karena membangun sebuah demokrasi butuh waktu panjang serta sarana dan prasarana yang memadai pula,  menjelaskan bagaimana cara mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi dengan memperkenalkan nilai-nilai dasar pemilu dan demokrasi, meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi, menanamkan kesadaran nilai-nilai berdemokrasi, serta menjadi wadah silaturahmi komunitas peduli pemilu dan penggiat demokrasi.
 
Beliau juga menambahkan, esensi didirikannya Rumah Pintar Pemilu ini adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih, baik secara kualitas maupun kuantitas, dalam proses penyelenggaraan pemilu dan menjadi pusat informasi kepemiluan bagi seluruh masyarakat.
 
Terkait dengan pusat informasi kepemiluan ini, oleh karenanya program Rumah Pintar Pemilu ini juga terintegrasi dengan Pusat Pelayanan Informasi Publik KPU Kabupaten Tangerang yang juga telah  terbentuk, ungkapnya.
 
Dalam Rumah Pintar Pemilu para peserta dapat melihat aktivitas dan proses pemilu dari tiap tahapan dari mulai pemilu 1955 hingga pemilu 2014. Dalam Rumah Pintar Pemilu hal-hal terkait sejarah, mekanisme dan hal teknis tentang pemilu digambarkan secara komprehensif dalam sebuat video maket diorama kecil. Proses pemilu itu adalah satu sarana wadah dalam sebuah mekanisme demokrasi untuk memilih satu pemimpin dalam kurun waktu tertentu dan dilaksanakan secara beradab.
 
Bentuk kanalisasi konflik yang ada dimasyarakat, bentuk untuk menyuarakan aspirasi masyarakat, bentuk untuk menyalurkan siapa pemimpinnya itu lewat mekanisme yang namanya pemilu.
 
Secara bersama-sama para Mahasiswa mengikuti tahapan-tahapan pemilu yang dibuat secara sederhana di Rumah Pintar KPU Kabupaten Tangerang. (Administrator)
   

Daftar Pemilih  

   

BERITA KPU  

   

Berita Terbaru  

Thumbnail Kunjungan kerja KPU RI
game kepemiluan
Friday, 10 July 2020
Thumbnail
KPU Jalani Rapid Test Covid-19
Friday, 03 July 2020
Thumbnail Komisioner dan Staf KPU Kabupaten Tangerang Jalani Rapid Tes Covid-19  
Radio Talkshow
Wednesday, 01 July 2020
Thumbnail
Thumbnail KPU Kabupaten Tangerang melakukan talkshow di radio denga tema "Sosialisasi Daftar Pemilih Berkelanjutan". dengan narasumber Ita Nurhayati selaku Komisioner KPU Kabupaten Tangerang.
Thumbnail KPU Kabupaten Tangerang mengadakan Rapat Koordinasi Penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode Juni 2020 yang dihadiri oleh KPU Kab. Tangerang, Bawaslu Kabupaten Tangerang, Partai Politik dan...
More inPemilu 2019  
   
© KPU KABUPATEN TANGERANG
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech