Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang   Click to listen highlighted text! Welcome to Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tangerang Powered By GSpeech
Print

Tigaraksa, (www.kpu-tangerangkab.go.id) - KPU Kabupaten Tangerang menerima kunjungan dari KPU Provinsi Banten untuk melakukan monitoring Aplikasi SIMPAW pada Kamis (06/05/2021) Kunjungan tersebut diterima dengan baik oleh Sekretaris dan Komisioner KPU Kabupaten Tangerang.

Aplikasi SIMPAW merupakan Sistem Informasi Manajemen Penggantian Antar Waktu yang akan mendukung proses administrasi penggantian antar waktu anggota DPR, DPD maupun DPRD. Aplikasi tersebut dapat digunakan di lingkungan KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/ Kota. Tujuan utama dari penggunaan aplikasi SIMPAW adalah memudahkan upaya mentransparansikan seluruh alur dan mekanisme dalam proses PAW sehingga publik pun dapat mengetahui berjalannya proses tersebut.

Akhmad Subagja selaku Komisioner KPU Kabupaten Tangerang menjelaskan, “Aplikasi SIMPAW sendiri terdiri dari dua bagian yaitu Halaman Admin dan Halaman Publikasi. Halaman Administrasi digunakan oleh operator SIMPAW untuk mengolah dan membuat laporan rekap data PAW, sementara Halaman Publikasi menampilkan informasi seputar PAW yang bersifat umum dan dapat diakses oleh masyarakat”.

PAW ini sebenarnya hal yang lazim. Dengan hadirnya SIMPAW, makin membuka ruang bagi masyarakat untuk melihat, mengawasi dan menghindari terjadinya kesalahan, kekeliruan bahkan kecurangan.

Wahyul Furqon selaku ketua KPU Provinsi Banten juga menegaskan, “Dalam era keterbukaan informasi publik, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memang sudah seharusnya mengoptimalkan penggunaan aplikasi SIMPAW (Sistem Informasi Penggantian Antar Waktu) untuk transparansi proses PAW dan pengelolaan serta pendokumentasian data terkait PAW dengan lebih baik” pungkasnya.

Menurut Wahyul Furqon, “Aplikasi Simpaw ini sebagai alat bantu dalam memproses, mengelola dan memanage PAW yang kemudian akan bisa dipublikasikan serta diakses oleh masyarakat luas. Karena memang saat ini kita dituntut untuk terbuka dalam memberikan informasi kepada masyarakat” ujarnya menutup kegiatan monitoring SIMPAW di hari ini. – (Administrator)

 

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech